Diberdayakan oleh Blogger.

Method Pada Java


Assalamu'alaikum ~

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai method atau fungsi. Selain untuk tugas kuliah algoritma dan pemograman postingan ini juga saya persembahkan untuk pembaca yang ingin mengetahui seputar tentang method ^^


Method atau fungsi adalah kode untuk melakukan tugas tertentu  dan menghasilkan hasil tertentu. Method digunakan untuk membagi-bagi program ke dalam beberapa bagian sehingga apabila program yang dikerjakan tersebut adalah program besar, maka program tersebut dapat dikerjakan oleh beberapa orang. Kegunaan lain method yaitu menghindari penulisan bagian kode program secara berulang-ulang.
Dalam program yang memiliki lebih dari satu class pasti memiliki main method. Main method merupakan method utama yang di jalankan pada saat aplikasi di run. Setiap class boleh miliki main method tetapi hanya ada satu main method yang di run.

Method terbagi menjadi:
·         Method yang menghasilkan nilai, yaitu method yang ketika dipanggil akan menghasilkan nilai tertentu. Method ini terdapat pada class yang memiliki coding rumus. Ditandai dengan adanya sintaks return.
·      Method yang tidak menghasilkan nilai, yaitu method yang ketika dipanggil tidak menghasilkan nilai. Ditandai dengan adanya void ataupun system.out.print yang biasanya berfungsi untuk menampilkan hasil.



Contoh coding:
public class PersegiPanjang {

// Fungsi Hitung Luas Persegi Panjang
public static int LuasPersegi(int p, int l){
return p*l;
}

// Fungsi Hitung Keliling Persegi Panjang
public static int KelilingPersegi(int p, int l){
return 2*(p+l);
}

public static void main(String[] args){

int panjang = 20;
int lebar = 15;

// Cetak
System.out.println("Luas = "+LuasPersegi(panjang,lebar));
System.out.println("Keliling = "+KelilingPersegi(panjang,lebar));
}
}


Penjelasan:

public static int LuasPersegi(int p, int l){
return p*l;
}
Method diatas adalah method yang menghasilkan nilai. Ditandai dengan adanya tipe data yaitu int sebelum nama fungsinya, juga terdapat sintaks return.
Terdapat pula kode (int p, int l), ini adalah parameter. Parameter adalah bagian dari method yang harus di beri type data yang dapat menentukan suatu nilai atau merubah suatu nilai saat di program di jalankan. Parameter dilambangkan dengan ( ).

public static void main(String[] args){
// Tentukan nilai panjang dan lebar
int panjang = 20;
int lebar = 15;
// Cetak
System.out.println("Luas = "+LuasPersegi(panjang,lebar));
System.out.println("Keliling = "+KelilingPersegi(panjang,lebar));
}
}
Method diatas adalah method yang tidak menghasilkan nilai. Ditandai dengan adanya void pada awal nama fungsi dan juga tidak terdapat sintaks return. Method diatas berfungsi untuk mencetak.


Tag : Kuliah
Back To Top