Diberdayakan oleh Blogger.

Proses Logging, Auditing dan Penetration Testing


  • Logging

Logging adalah suatu proses pencatatan seluruh informasi dalam kegiatan akses sebuah file ataupun server. Logging aka merekan seluruh kegiatan akses seperti login yang tidak sah ataupun usaha-usaha yang tidak benar untuk mengakses sistem seperti misalnya mengubah atau menghapus suatu file.

Contoh logging: suatu sistem akan mengetahui kapan saja user A mengakses sistem tersebut.


  • Auditing

Auditing adalah proses yang secara sistematik mengumpulkan atau mengevaluasi keamanan terhadap sistem baik internal maupun eksternal. Proses auditing akan melacak setiap kesalahan, kejadian dan juga percobaan terhadap akses yang terjadi pada server sistem. Apabila ditemukan kesalahan atau kekurangan maka akan dapat segera diperbaiki.

Contoh auditing: router menggunakan system logging (syslog).


  • Penetration Testing

Penetration testing adalah percobaan dengan usaha menyerang sebuah sistem dengan tujuan untuk mengetahui kelemahan keamanan yang terdapat pada sistem tersebut. Penetration bertujuan untuk mencari kelemahan yang ada dan memastikan keamanan terhadap suatu sistem. Usaha ini dapat dilakukan oleh cracker yang mencoba untuk menyerang sistem dan ketika mendapatkan hasil dari dari usahanya tersebut akan diberitahukan kepada pihak yang memiliki sistem agar dapat segera memperbaikinya dan sistem menjadi lebih kebal lagi.

Contoh penetration testing: Microsoft melakukan sayembara kepada siapapun yang dapat menemukan kelemahan dari sistem operasi yang baru diluncurkannya, apabila ditemukan maka orang tersebot akan mendapatkan hadiah dari Microsoft.
Back To Top