Diberdayakan oleh Blogger.

PARKERIAN HEXAD DAN CIA TRIAD serta Perbedaan Access Control List dan Authorization

PARKERIAN HEXAD DAN CIA TRIAD ditinjau dari kelemahan dan keuntungan:

CIA TRIAD adalah salah satu aturan dasar dalam menentukan keamanan terhadap suatu jaringan atau informasi apakah aman atau tidak.  Atribut CIA adalah confidentiality, intergrity, availability.
Tahun 2002, Donn Parker mengusulkan untuk menambahkan tiga atribut yang sudah ada pada CIA TRIAD (confidentiality, intergrity, availability) menjadi confidentiality, intergrity, availability, authenticity, prosessing or control dan utility. Dengan tambahan authenticity, prosessing or control dan utily tersebut keamanan informasi menjadi lebih baik. Sedangkan kelemahannya adalah menjadi lebih sulit dalam pengelolaannya.
Untuk CIA sendiri penerapannya lebih mudah jika dibandingkan Perkerian Hexad dan dirasa sudah dapat mewakili prinsip-prinsip keamanan informasi. Namun tetap saja CIA memiliki kelemahan yaitu tidak lebih baik daripada Perkerian Hexad yang merupakan mengembangan dari CIA.

Contoh:

Ketika kita akan melakukan transaksi melalui ATM, sebelum melakukan transaksi kita diminta untuk memasukkan PIN terlebih dahulu.



Perbedaan ACL (Access Control List) dan Authorization:

ACL adalah metode yang digunakan untuk menyeleksi paket-paket data yang keluar masuk jaringan. ACL akan mengecek alamat asal/tujuan paket tersebut apabila mencurigakan atau tidak jelas asalnya maka paket tersebut akan dibuang. ACL juga merupakan daftar dari layanan apa-apa saja yang didapatkan oleh pengguna.
Sedangkan authorization adalah proses menentukan apa sajakah layanan yang bisa dinikmati pengguna yang telah jelas identitasnya.

Contoh:
Jika kita login ke portal kampus sebagai mahasiswa dengan memasukkan NIM yang benar dan sudah terdaftar maka kita akan dapat melihat transkip nilai ataupun layanan lainnya yang disediakan khusus untuk mahasiswa sedangkan apabila kita login sebagai admin maka kita akan dapat mengakses layanan admin.
Back To Top