Diberdayakan oleh Blogger.

Perkembangan Sosial Media dan Dampaknya Terhadap Budaya & Kehidupan Sosial


Sosial media merupakan perkembangan teknologi dalam berkomunikasi dan bersosialisasi. Dengan sosial media manusia dapat bersosialisasi tanpa ada batasan ruang maupun waktu, dengan media sosial ini manusia juga dapat berkomunikasi satu sama lain dimanapun mereka berada dan kapanpun mereka inginkan, tidak peduli seberapa jauh jarak mereka, dan tidak peduli siang atau pun malam.

Dengan sosial media kita dapat berteman baik dengan orang lain walaupun kita tidak pernah bertemu ataupun bertatap muka dengan mereka secara langsung, kita juga dapat saling bertukar pikiran, saling berkerja sama atau bahkan mencari pasangan hidup.

Sosial media juga dapat mempermudah kita dalam mendapatkan informasi, mencari pekerjaan ataupun berbelanja barang kebutuhan secara online.

Contoh sosial media yang paling banyak diminati saat ini misalnya seperti facebook dan twitter. Setiap orang dapat mendaftar dengan membuat account secara gratis.

Disaat sekarang ini, sosial media sudah sangat berkembang karena kita dapat mengaksesnya hanya melalui ponsel. Jadi kita dapat selalu terhubung dengan orang lain dimanapun dia berada asalkan saling terkoneksi dengan internet.

Perkembangan sosial media memberikan dampak positf ataupun negatif di berbagai bidang. Seperti di dalam dunia pendidikan, kehidupan sosial, budaya dan lain sebagainya. Yang akan saya bahas saat ini adalah dampak sosial media terhadap budaya dan kehidupan sosial.

Dengan semakin mudahnya manusia untuk bersosialisasi dengan orang lain dari belahan dunia manapun telah menimbulkan pengaruh terhadap budaya bangsa Indonesia serta pola kehidupan masyarakat.

Dampak positif sosial media terhadap budaya dan kehidupan sosial diantara lain:
  • Akan termotivasi untuk belajar mengembangkan diri melalui teman-teman yang dijumpai secara online.
  • Kita bisa mendapatkan banyak teman sehingga dapat saling mengenal dan mempelajari kebudayaan daerah masing-masing.
  • Kita dapat mempelajari bahasa asing dengan mudah. Tidak perlu lagi mencari orang yang mengerti bahasa itu untuk mengajari kita karena kita dapat mempelajarinya sendiri dengan membaca artikel di blog.
  • Kita dapat meniru pola pikir bangsa lain yang sangat menghargai waktu dan penuh kedisiplinan.
Dampak negatif sosial media terhadap budaya dan kehidupan sosial diantara lain:
  • Masyarakat cenderung lebih suka bergaul dengan orang-orang di dunia maya sehingga interaksi dengan orang lain di dunia nyata berkurang.
  • Penggunaan bahasa asing pun dianggap lebih keren sehingga tidak jarang masyarakat lebih suka menggunakan bahasa asing atau mencampur bahasa asing dengan bahasa Indonesia saat berbicara.
  • Anak muda sekarang juga lebih suka mempelajari tarian luar seperti break dance, ballet atau yang lainnya.
  • Dari segi berpakaian juga berbeda. Kini sudah sangat jarang kita melihat orang-orang yang memakai pakaian adat, masyarakat lebih menyukai pakaian dengan design yang lebih modern dan kurang sopan bagi adat budaya di Indonesia.

Karena itu, kita harus dapat memanfaatkan perkembangan sosial media dengan baik dan tepat. Jangan sampai budaya asli Indonesia menjadi punah karena masyarakatnya lebih suka mempelajari kebudayaan luar.

Tag : Teknologi
Back To Top